Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Mudah Mengatasi HP OPPO Mati Sendiri

Cara Mudah Mengatasi HP OPPO Mati Sendiri - Smartphone bisa saja error kapan saja, nggak peduli merk atau tipenya. Misalnya aja HP OPPO yang sering mati-menyala sendiri padahal baterainya masih banyak. Ini bisa terjadi di OPPO A37, V5, V9, A83, A39, atau model lainnya.

Nggak cuma itu, HP juga bisa restart atau mati sendiri tanpa sebab yang jelas. Bukan karena baterainya habis atau rusak, tapi kadang-kadang HP OPPO suka mati-menyala sendiri saat lagi main game atau buka aplikasi.

HP OPPO kamu suka mati dan nyala sendiri? Jangan panik dulu, bisa jadi bukan salah sistemnya. Mungkin ada aplikasi OPPO yang ngaco atau hardware yang rusak.

Tapi sebelum kita tahu pasti, kita harus cek dulu beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya. Ini dia daftarnya:
  • Aplikasi atau file sistem yang bermasalah
  • HP OPPO kamu dioprek-oprek pakai root
  • CPU atau prosesor kepanasan
  • RAM penuh sampai gak bisa napas
  • Kamu pakai Custom ROM yang gak resmi
  • Kamu salah flashing firmware OPPO
  • Ada malware atau virus yang nyusup ke sistem
  • Kamu suka download aplikasi dari situs abal-abal, dan lain-lain

Cara Mudah Mengatasi HP OPPO Mati Sendiri 

Jangan Panik! Ini 8 Cara Mudah Mengatasi HP OPPO Mati Sendiri

Jangan Lupa Bersihin Sampah dan Cache

Kalau HP OPPO kamu dipake terus-terusan, pasti ada banyak file cache yang numpuk di memori internalnya. Ini bisa bikin sistemnya jadi lemot dan ngadat.

Padahal file cache itu sebenernya berguna buat bantuin prosesor nge-load file yang sering kamu buka di HP Android kamu. Tapi sayangnya, banyak juga cache yang nggak kepake dan malah bikin error di HP OPPO kamu.

Makanya, rutin-rutin deh bersihin cache file di HP OPPO kamu biar sistemnya jadi lebih ringan dan nggak mubazir ruang penyimpanan yang akhirnya bikin CPU jadi berat.

Uninstall Game dan Aplikasi

Kadang kita suka lupa kalau ada banyak game dan aplikasi yang jarang kita mainin atau pake tapi masih ada di HP kita. Ini juga bisa jadi penyebab performa CPU dan RAM di HP search OPPO kita jadi turun.

Jadi kalau HP kamu sering restart sendiri atau mati tiba-tiba padahal baterainya masih banyak, coba deh hapus beberapa aplikasi dan game yang nggak penting. Toh kalau nanti kamu mau mainin lagi, bisa download lagi kok.

Aplikasi Bermasalah

Bisa jadi juga ada satu aplikasi aja yang bikin sistemnya jadi error. Misalnya pas buka Youtube tiba-tiba HP nge-freeze dan restart sendiri tapi pas buka aplikasi lain kayak Facebook, WA, instagram di HP search OPPO nggak ada masalah.

Nah, kita sebagai pengguna HP android harus pintar-pintar ngecek aplikasi mana yang suka bikin error pas dijalanin. Solusinya ya hapus atau uninstall aja aplikasinya terus download lagi dari situs yang terpercaya kayak Google play store

Halo, ini Bing. Saya akan mencoba membantu Anda dengan menulis ulang kalimat yang Anda berikan dengan bahasa yang lebih santai dan menarik. Berikut hasilnya:

MicroSD bikin repot

Kartu MicroSD yang dipasang di HP OPPO bisa jadi sumber masalahnya kalau HP sering restart atau mati tiba-tiba. Kadang-kadang kartu MicroSD ada yang rusak atau ada file yang aneh-aneh di dalamnya, tapi kita nggak sadar karena masih bisa buka-buka.

Kalau HP OPPO kamu suka error, lemot, atau aplikasi ngadat-ngadat, coba aja cabut kartu MicroSD-nya dan nyalain HP lagi.

Pakai Anti virus

Biar aman dari virus, malware, atau hal-hal jahat lainnya, coba install antivirus di HP OPPO kamu. Tapi kalau pas scan nggak nemu apa-apa, mending hapus aja antivirusnya biar nggak bikin berat HP.

Soalnya antivirus itu suka ngabisin memori dan baterai karena kerjanya terus-terusan ngecek file dan sistem di HP.

Unroot HP OPPO

Kalau sebelumnya kamu pernah root HP OPPO kamu, coba unroot aja. Root itu sebenernya nggak disarankan buat pemilik HP OPPO yang cuma iseng-iseng doang. Soalnya bisa bikin sistem jadi kacau.

Reset HP OPPO

Kalau udah coba macem-macem tapi HP OPPO kamu tetap error dan suka mati sendiri, coba reset deh. Reset HP OPPO itu gampang kok, tinggal masuk ke menu dan pilih factory reset. Fungsinya buat balikin semua setelan dan sistem ke awal seperti pas beli.

Flashing ulang Firmware

Kalau factory reset dan hard reset juga nggak mempan, coba flashing firmware dengan versi resmi dari OPPO. Flashing itu buat nginstall ulang sistem operasi di HP.

Tapi kalau flashing juga nggak ngefek, berarti ada yang salah sama hardware-nya. Hardware itu perangkat keras di dalam HP, kayak baterai, layar, kamera, dll. Kalau hardware rusak, harus bawa ke service center OPPO atau tukang servis yang ahli. Jangan coba-coba bongkar sendiri, nanti malah tambah parah.

Nah, itu dia penjelasan tentang penyebab dan solusi buat HP OPPO yang error mati dan nyala sendiri padahal baterainya masih banyak. Semoga bermanfaat ya, makasih.

*sumber gambar: pixabay.